JOIN US

Lowongan Kerja. Dibutuhkan asisten Arsitek. Pria. Domisili di Malang. Menguasai Sketchup tingkat lanjut dan dasar desain yang baik. Familiar dengan AutoCAD. Bisa bekerja serius dan fun, baik sendiri maupun dalam tim, komitmen, disiplin, bertanggung jawab, dapat bekerja dibawah tekanan. Silahkan kirimkan CV ke astudioarchitect.com@gmail.com

Rabu, 10 September 2008

Jendela pojok yang unik dari bahan alumunium

25 Agustus 2007


Jendela-jendela yang cukup digemari saat ini salah satunya dibuat dari bingkai aluminium. Bingkai aluminium memiliki kekuatan lebih besar daripada bingkai kayu sehingga dapat dibentuk dengan beberapa alternatif yang menarik. Salah satu contohnya adalah bingkai jendela pojok semacam gambar dibawah ini.


Jendela dengan frame atau bingkai alumunium yang dapat dibentuk dengan kekuatan lebih besar daripada kayu. Bentukan tanpa bingkai pinggir seperti ini cukup kuat.

Rupanya jendela dengan gaya ini makin digemari dan diaplikasikan pada banyak desain rumah tinggal. Selain terlihat lebih bersih, jendela ini menawarkan view yang lebih banyak daripada menggunakan bingkai dari kayu, karena biasanya bingkai kayu membutuhkan penyangga lebih kuat.

Bentuk jendela semacam ini cukup populer dengan gaya modern minimalis, dan biasanya memang digunakan untuk rumah dengan gaya tersebut. Kaca yang dipasang jadi terlihat lebih luas, memberi kesan lebih luas juga pada rumah tinggal. Dari dalam maupun dari luar, jendela ini memberikan lebih banyak keterbukaan.

Tentunya kesan terbuka dan clean tersebut sangat sesuai bagi mereka yang menginginkan rumahnya terlihat modern dan clean look. Dalam hal ini biasanya mereka yang memiliki pola hidup yang lebih terbuka dan modern. Bila Anda ingin menggunakan jendela jenis ini, saat ini sudah lebih mudah karena banyak kontraktor maupun sub kontraktor menyediakan layanan pembuatan dan pengadaan jendela dengan material alumunium.

PERTANYAAN DAN JAWABAN

nama: ikhsan
email: ikhsan_xtreme7@*****.com
comments: comments on article: "Jendela pojok yang unik dari bahan alumunium": dimana nyari info tentang spesifikasinya serta faktor keamanannya
website ini: awsome

astudio:
Dalam proses perencanaan desain bangunan, dan dalam proses pembangunan, harus terdapat pihak atau orang yang mengerti tentang pemindahan titik beban kolom tersebut, yaitu mereka dari background pendidikan sipil dan berpengalaman dalam pembangunan konstruksi semacam ini. Pada dasarnya prinsip yang sama seperti konstruksi kantilever (bagian rumah yang menjorok keluar, seperti balkon, teritisan, dan sebagainya, dimana beban dari atas diteruskan tidak dalam satu titik, melainkan ketitik beban lain yang masih dapat ditoleransi oleh sistem konstruksi tersebut).

Salah satu contoh yang cukup menarik adalah sistem konstruksi kantilever bangunan rumah yang didesain oleh Andra Mattin, yang memenangkan penghargaan Skala+ sebagai desain arsitektur terbaik, memiliki kantilever yang sangat panjang, lebih dari 5 meter tanpa ditopang kolom dibawahnya. Menunjukkan bahwa dalam perhitungan konstruksi yang tepat, sistem kantilever dapat digunakan dengan baik.

Salah satu contoh yang dibangun astudio;

Pada gambar diatas, sistem konstruksi pada bagian pojok jendela lantai 1 dan 2 tidak ditopang oleh kolom pada bagian pojok, namun 'digeser' sedikit dan masih dapat ditoleransi oleh sistem konstruksi yang ada


nama: firdaus mustari
email: firdausmustari@yahoo.com
comments: comments on article: "Jendela pojok yang unik dari bahan alumunium":
website ini: Jendela pojok yang ada adalah sudut yang mengarah (menjorok) keluar, pertanyaan : bagaimana konstrtuksinya apabila sudut yang mengarah kedalam? tolong disertakan dengan gambar/foto-foto.

astudio;
Pada dasarnya prinsipnya sama; dengan sistem kantilever.


Rumah dengan jendela pojok menjorok kedalam.
Foto; Probo Hindarto. Arsitek; Sony Suharsono



________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...