Minggu, 12 Oktober 2008

[mudah membangun] KPR, untuk mendapatkan rumah, apa syaratnya dan bagaimana?

[mudah membangun] astudioarchitect.com Pak Edi sudah berumah tangga selama enam tahun, serta sudah memiliki seorang anak. Sayangnya pak Edi belum memiliki rumah, namun sudah mempunyai sebagian tabungan dana yang belum cukup dipakai membeli. Biaya keuangan banyak yang masuk ke biaya mengontrak rumah. Karena sudah tak tahan hidup menyewa, akhirnya pasangan Pak Edi dan Bu Edi memutuskan untuk membeli rumah, entah bagaimana caranya. Mereka bersyukur karena ada fasilitas KPR dimana dengan gaji yang dimiliki pak Edi, bisa disisihkan untuk membeli sebuah rumah yang selalu mereka idam-idamkan. Akhirnya, walaupun masih harus mencicil biaya kredit setiap bulan, mereka bisa bernafas lega karena rumah yang dimimpikan pun telah mereka punyai.


Tentang Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
KPR adalah singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah. Ini adalah fasilitas untuk membeli rumah dengan kredit pada bank. KPR dipandang menguntungkan karena bisa membantu kita memiliki rumah sendiri, walaupun dengan cara mencicil. Prinsip KPR adalah membiayai terlebih dahulu biaya pembelian atau pembangunan rumah, dan dana untuk membayar balik dilakukan dengan cicilan tersebut. Bagaimana cara untuk mendapatkan KPR?

Syarat-syarat mengajukan KPR
KPR biasanya bisa dimulai setelah tersedia dana sekitar 30-40% dari harga rumah, tergantung dari
kebijakan bank. Dana 30-40% dari harga rumah tersebut dibayarkan sebagai uang muka untuk membeli rumah, sehingga Bank hanya akan membantu membayar 70% sisanya. Pembayaran selanjutnya diberikan kepada bank dengan mencicil tiap bulan ditambah dengan bunga.

Sebelum KPR disetujui, pembeli akan diminta untuk melengkapi persyaratan untuk mengambil KPR, dokumen yang akan diminta oleh bank adalah:

a. Surat Keterangan Bekerja di Perusahaan (minimal Anda harus sudah bekerja di perusahaan tersebut selama 2 tahun)
b. Slip Gaji Asli
c. Catatan Rekening Bank (minimal selama 3 bulan terakhir)

Bila Anda adalah seorang wiraswastawan, maka dokumen yang akan diminta oleh bank adalah:

a. Daftar Pelanggan Anda (bila memungkinkan)
b. Daftar Pemasok Anda (bila usaha Anda bersifat usaha dagang)
c. Bukti Transaksi Keuangan Anda dengan Pelanggan (seperti bon atau faktur)
d. Catatan Rekening Bank (minimal selama 3 bulan terakhir)
e. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
f. SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)  bila usaha Anda bersifat usaha dagang)
g. TDP (Tanda Daftar Perusahaan)

Bila Anda adalah seorang profesional, maka dokumen yang akan diminta oleh bank adalah:
a. Daftar Pelanggan atau klien Anda (bila memungkinkan)
b. Bukti Transaksi Keuangan Anda dengan Pelanggan (seperti bon atau faktur)
c. Catatan Rekening Bank (minimal selama 3 bulan terakhir)
d. NPWP
e. Surat Izin Praktek (untuk beberapa profesi tertentu)

Penting bagi mereka yang memiliki kredit untuk barang lain, misalnya dengan kartu kredit, untuk membayar cicilan kartu kredit tepat pada waktunya, karena biasanya bank akan menyelidiki juga track record kita untuk cicilan lain. Kemudian, penghasilan kita juga harus minimal 3 kali jumlah cicilan satu bulan.

Selain itu Anda juga harus telah mengetahui keberadaan dan kondisi rumah yang akan Anda beli.
Informasi sangat penting lainnya adalah perbandingan fasilitas KPR dari bank-bank pemberi kredit. Biasanya bila Anda sudah menemui pihak developer, mereka telah memiliki hubungan dengan bank tertentu untuk menyediakan KPR. Sebaliknya, bank Anda bila menyediakan KPR, mungkin juga sudah mengadakan kerjasama dengan developer tertentu.

Sesuaikan KPR dengan kebutuhan Anda, terutama yang memberikan fasilitas yang lebih atau menarik, serta dari pihak-pihak yang dapat diandalkan. Apakah Bank Anda memiliki hubungan dengan developer yang bersangkutan, karena bila ya, maka mungkin saja Anda bisa memperoleh keuntungan yaitu subsidi bunga. Bagaimana sistem bunganya, apakah fix atau berubah dalam jangka waktu tertentu (apakah cicilan bisa berubah nilai nominalnya), fee apa saja yang harus dibayarkan dalam proses berjalan KPR tersebut. Apa keunggulan fasilitas KPR dibandingkan fasilitas KPR dari bank lain, karena masing-masing bank memberikan fitur berbeda untuk menarik konsumen.

Bila Anda bekerja pada institusi pemerintah, misalnya Pegawai Negeri Sipil atau TNI, atau Polri, ada kemungkinan terdapat pilihan KPR yang telah bekerjasama dengan instansi Anda. Fasilitas yang tersedia misalnya subsidi uang muka, sehingga lebih ringan bagi Anda.

Bank akan menyeleksi baik dari pihak konsumen yang akan mengajukan KPR, dan menyeleksi pengembang yang mengembangkan sebuah perumahan, atau menyeleksi pihak yang terkait dengan pemberian KPR tersebut. Biasanya Bank akan menyeleksi pihak konsumen berdasarkan track record atau kemampuan konsumen tersebut, karena itu dibutuhkan informasi tentang pemasukan konsumen, yang biasanya sepertiga dari pemasukan harus bisa dibayarkan untuk KPR, dan terdapat batasan umur maksimal sekitar 55 tahun untuk karyawan. Pihak developer juga diseleksi untuk melihat bagaimana mereka memberikan janji tentang fasilitas dan surat-surat yang diperlukan.

Bila Anda sudah yakin akan pilihan rumah dan bank pemberi KPR Anda, kunjungi bank tersebut dan mintalah informasi pengajuan KPR. Biasanya bank akan memberikan persyaratan diatas. Setelah persyaratan Anda bawa ke bank, biasanya akan diadakan wawancara. Bila wawancara disetujui, Anda dapat membayarkan uang muka pembelian rumah ke developer dan menunggu keluarnya SPPK (surat persetujuan perjanjian kredit).

Langkah selanjutnya adalah menemui notaris untuk menandatangani akta kredit dan mengurus sertifikat. Tahap selanjutnya adalah penyerahan kunci. Sertifikat Anda masih ditahan Bank sampai Anda melunasi semua cicilan kredit.

Bank penyedia layanan KPR
Bank-bank mana saja yang memberikan KPR? Jawabannya bermacam-macam sekali, Anda bisa pilih dan bandingkan. Bila sudah menjadi nasabahnya, ada kemungkinan Anda akan diberi beberapa tawaran yang menarik sehingga Anda mengambil KPR lewat bank Anda. Bank-bank tersebut antara lain;

Bank Mandiri - KPR Graha Mandiri
Bank BTN - KPR dan non KPR
Bank Muamalat - KPR Muamalat
BCA - KPR BCA
BII - KPR BII
BNI - BNI Griya
BRI - KPR BRI
dan lain-lain



________________________________________________

by Probo Hindarto

© Copyright 2009 astudio Indonesia. All rights reserved.

2 komentar:

  1. nama: kusnadi
    email: koesnadi1482
    comments: comments on article: "KPR, apa dan bagaimana?": comments saya tentang artikel ini saya menarik...terus terang saat ini saya memang membutuhkan informasi tentang pembiayaan pembeliaan rumah...
    website ini: sangat menarik terima kasih kepada teman2 yang telah membuat web site tentang pembiayaan...sekali lg terima kasih

    nama: tri
    email: trie_agil@********.com
    comments: comments on article: "KPR, apa dan bagaimana?": saya sudah lama pengin punya Rumah, tapi bgmn caranya,orang dp aja saya tdk ada, gmn saya mau simpan / nabung kl gj saya pas pasan, anak saya udah 2, gj di bwh 2 jt tlg kl ada kpr tanpa Dp kabari / info nya saya akan sangat berterima ksh demi masa depan anak anak saya, tqs

    nama: WAHYU WIRATOMO
    email: wahyutitian@*****.com
    comments: comments on article: "KPR, apa dan bagaimana?": pak / bu bagaimana caranya untuk mengambil rumah melalui KPR BRI, SAYA CUMA PUNYA UANG 50 JUTA, TAPI HARGA RUMAHNYA 150 JUTA

    nama: fanhes
    email: mif_fanhes@yahoo
    comments: comments on article: "KPR, apa dan bagaimana?": bisa memberikan informasi seputar KPR
    website ini: bagus

    nama: adi
    email: someone_yuhuu@*****.com
    comments: gimana kalau kita tdak punya NPWP apa bisa ambil KPR diatas 5 JUta..misalnyab130 juta

    nama: Yadie
    email: Supri.yadi@*****.co.id
    comments: comments on article: "KPR, apa dan bagaimana?":syarat2 kpr d bank?saya masih bingung bgt pa lg saya hanya karyawan prusahan suasta dan msh d kontrak,kira2 bank apa yg gampang wat saya ngikt kpr
    website ini:

    nama: Maya
    email: maya_pinky82@*****.com
    comments: comments on article: "KPR, apa dan bagaimana?": Kalo bayar cicilan pertama untuk KPR itu setelah akad kredit atau nunggu serah terima kunci???? dan prosedur yang benar dalam KPR itu bagaimana mohon jawabannya yah... tuengkhyu
    website ini: very good

    nama: yenn
    email: y_ni00@*****.com
    comments: bagaimana kita bisa memilih bank yang tepat yang nantinya akan menjadi tempat pengajuan KPR kita?
    Thanks b4
    website ini: baik & membantu

    nama: mungil
    email: mungil@*****.co.id
    comments: comments on article: "KPR, apa dan bagaimana?": apa dalam mengambil kpr harus mengurus npwp bagi wiraswasta

    nama: Luksana
    email: luksana_77@*****.co.id
    comments: comments on article: "KPR, apa dan bagaimana?":



    Apakah ada Bank dengan KPR dapat memberikan KPR tanpa uang muka?
    diantara banyak Bank pemberi KPR, mana yang paling sedikit resiko ruginya?
    trims
    website ini: sangat membantu dan mohon kiranya diperlengkap lagi.Oke

    nama: supriyadi
    email: prieadhi@*****.com
    comments: Saya mau nanya, yang fasilitas KPR ada dari beberapa Bank. Kalau pembiayaan personal loan bagaimana? Saya kesulitan/kekurangan dana untuk membangun kontrakan (investasi). Tanah sudah ada, rencana untuk 10 rumah petak. Untuk hitungan pendapatan per bulan cukup untuk bayar kredit Bank. Cuma sampai sekarang belum ada gambaran, bagaimana proses mendapatkan pinjaman dari Bank? Dan Bank apa saja yang ada fasilitas tersebut.

    Terimakasih

    nama: andi
    email: Gusvee@*****.com
    comments: comments on article: "KPR, apa dan bagaimana?": waduh kadang bingung ngitung cicilan rumah.... 
    trus persyaratannya begubet.... apalagi kalo kudu pake NPWP...
    bisa gak tanpa NPWP

    nama: aris
    email: aris_110@*****.com
    comments: comments on article: "KPR, apa dan bagaimana?":

    Berapa besar pinjaman minimal kita yang disetujui oleh bank?

    syarat2 apa saja yg diperlukan untuk kpr.
    website ini: baik dan sangat membantu

    nama: hamid
    email: ami_bwm@*****.com
    comments: comments on article: "KPR, apa dan bagaimana?":

    bank mana yang bunga kprnya paling ringan atau sedang ada promo.
    website ini: sangat baik dan menolong

    nama: Yudhi
    email: wikunsan@*****.com
    comments: comments on article: "KPR, apa dan bagaimana?":

    kenapa biaya proses KPR mahal?biaya tsb sangat memberatkan nasabah yang mau megajukan KPR

    Beri info mengenai suku bunganya dari tiap bank donk,kenapa beda?

    nama: WIDYA
    email: meonk_star@*****.com
    comments: mengapa proses kpr begitu mahal??? dan sulit sampai memakan waktu banyak???

    nama: PUTRI
    email: kilkis_putri@*****.co.id
    comments: Tolong di bantu dengan ilustrasi
    Misal PNS golongan 3A, mau KPR gimana ?
    Maksimal harga rumah ? Trus bunga nya tetap
    atau flktuatif ?

    Kalau istri kerja swasta bisa ada nilai plus ga ?

    Thanks
    website ini: ok

    astudio:
    Dear Ibu/ mbak Putri,
    Astudio bukan mewakili bank yang memiliki berbagai info lengkap tentang KPR. Sangat membantu bila Ibu/mbak Putri mengunjungi salah satu bank penyedia KPR dan bertanya lebih detail.

    nama: yuli
    email: kaunyil_ok@*****.com
    comments: comments on article: "KPR, apa dan bagaimana?":

    Bagaiman jika Saya yang telah memiliki sebidang tanah dan berniat mendirikan rumah sedangkan dana untuk membangun rumah sangat terbatas??

    Apa syarat2nya??
    Minimal berapa dana yang harus disediakan sebgai DPnya

    Thanks for your answer
    website ini: good

    nama: wiwien
    email: wiwinnarsih
    comments: dgn adanya kpr ini sangat membantu keinginan saya untuk memiliki rumah sendiri tp bagai mana caranya

    nama: rani
    email: terani_09@*****.co.uk
    comments: comments on article:prosedur menggunakan KPR,Bank yang tepat?
    website ini: sangat membantu

    nama: boyke
    email: boyke_sedar@*****.co.id
    comments: comments on article: "KPR, apa dan bagaimana?":
    bagaimana dengan bank-bank syariah, apakah ada yang memberikan fasilitas KPR ? Mohon informasinya lebih lanjut.
    website ini: sangat membantu

    name: justfya
    komentar: comments on article 'KPR':
    sangat menarik dan sangat membantu.
    tapi bagaimana dng KPR BTN..??
    bisakah diulas disini..??

    astudio:
    Iya, mungkin akan dibahas, karena saat ini materi artikel untuk masing-masing bank belum tersedia. Mohon maklum.

    BalasHapus
  2. webnya bagus sekali, dan saya ucapkan terimakasih atas info kpr nya. semoga webnya semakin ramai pengunjung!

    dibuka kerjasama untuk rekan-rekan yang bekerja di bidang properti baik itu agent properti, developer perumahan ataupun sales properti. kami membuka kerjasama dalam penjualan properti rekan-rekan kepada customer-customer kami yang tergabung dalam milist, group, forum, komunitas, dll. Dapatkan keuntungan ganda dimana kami akan mempromosikan properti rekan-rekan di berbagai website iklan baris secara gratis, segmented, dan tergeted!!!

    bagi rekan-rekan yang memiliki lahan, jangan buru-buru dijual sebab, ada peluang kerjasama yang menguntungkan dengan pengembang professional plus kesempatan belajar gratis menjadi developer langsung dari pelaku bisnisnya. baca selengkapnya http://tinyurl.com/jadi-developer

    semoga bisa bermanfaat bagi semua! [ACR]
    terima kasih,
    www.ayocarirumah.com

    BalasHapus

Silahkan isi komentar Anda.
Sekarang, Anda juga bisa komentar melalui account facebook Anda (di boks komentar atas)

SILAHKAN CHATTING DENGAN ASISTEN:

Maaf asisten masih dalam tahap pengembangan. Jadi tidak semua pertanyaan bisa dijawab.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...