Rabu, 10 September 2008

Tangga dengan bahan kombinasi beton, kaca dan logam

http://bopswave.googlepages.com/englishflag.jpg English Version


Gambar atas; tangga dengan bahan kombinasi. Lokasi: Galeri Semar, Perumahan Araya.
Tangga ini, adalah sebuah tangga yang unik, karena merupakan perpaduan dari beberapa elemen yang khas arsitektur modern, atau yang sedang tren sekarang, dalam gaya arsitektur minimalis.

Tangga ini dibuat dengan cara yang cukup unik, yaitu memisahkan bagian-bagian betonnya menjadi sendiri-sendiri, sehingga tidak menyambung seperti tangga-tangga biasanya. Beton-beton terpisah untuk pijakan ini disambungkan dengan sebuah kolom yang cukup kuat dibawahnya, juga dibuat dari beton. Tampaknya, tangga jenis ini menimbulkan estetika atau keindahan yang cukup kuat, apalagi ketika dipadukan dengan bahan kaca dan logam sebagai railing (pegangan) dan batas tangga.

Kesan modern yang muncul dengan sangat kuat ini juga didukung oleh warna khas dari arsitektur modern yang dingin dan netral, yaitu abu-abu dan putih. Perpaduannya dengan unsur garis-garis horisontal di jendela tampaknya cukup manis dan serasi. Kesan hi-tech pun terpancar dan tidak sama seperti tangga konvensional, tangga ini tampil dengan citra sophisticated yang trendy.

Untuk membuat tangga seperti ini, hal yang cukup perlu diperhatikan adalah; bahwa pembuatannya lebih rumit daripada tangga beton biasa, karena bekisting (cetakan) untuk membuat anak-anak tangga harus dibuat sendiri-sendiri, atau bila dibuat secara prefab (cetakan pabrik), boleh jadi memerlukan ketrampilan khusus.


________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...