Jumat, 28 Januari 2011

Sebuah ruangan bisa menjadi 24 fungsi ruang berbeda (video)

astudioarchitect.com Bagaimana bila kita hanya memiliki satu ruangan yang sangat sempit untuk hidup? Seorang arsitek, Gary Chang, tinggal di Hongkong yang sangat ramai di sebuahapartemen sempit dimana ia harus berbagi dengan ibu dan saudara perempuannya, membuat sebuah ruang apartemennya menjadi ruang dengan 24 kegunaan.

\
Photos by Marcel Lam for The New York Times




Lihat video untuk lebih jelasnya :)




Arsitek ini harus tinggal disebuah ruangan dimana ia harus membuat sebuah ruang dengan begitu banyak fungsi, dimana menurutnya ruang yang kecil berarti harus ada efisiensi. Ia membuat kabinet-kabinet dengan fungsi yang banyak, dan bisa digeser-geser membentuk ruang kamar tidur, dapur, ruang baca, bahkan kamar mandi sebuah bathtub atau bak berendam dalam satu ruang ini. Sebuah tempat tidur dibalik kabinet juga bisa dibuat dengan menggeser panel. Terdapat juga tempat duduk yang bisa diturunkan dilengkapi dengan panel TV.

Menurutnya sangat penting untuk membuat tempat tidur bisa dilipat keatas karena tempat tidur biasanya memakan paling banyak ruangan. Dibelakang panel TV yang bisa digeser terdapat dapur dengan efisiensi yang sangat tinggi. Dan terakhir, ia bisa membuat ruangan ini menjadi ruang santai dengan sebuah hammock (anyaman tali untuk bergelantung tidur) dan sebuah layar yang bisa menampilkan suasana pantai atau apapun yang diinginkan.









________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2010 astudio Indonesia.
All rights reserved.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...