JOIN US

Lowongan Kerja. Dibutuhkan asisten Arsitek. Pria. Domisili di Malang. Menguasai Sketchup tingkat lanjut dan dasar desain yang baik. Familiar dengan AutoCAD. Bisa bekerja serius dan fun, baik sendiri maupun dalam tim, komitmen, disiplin, bertanggung jawab, dapat bekerja dibawah tekanan. Silahkan kirimkan CV ke astudioarchitect.com@gmail.com

Minggu, 15 April 2012

Prototype bangunan bambu untuk bangunan pengungsi rekonstruksi pasca bencana



astudioarchitect.com Di astudio kami membuat modelling struktur bambu yang bisa juga diaplikasikan pada baja, dimana struktur ini merupakan desain struktur bambu dengan bentang sekitar 6 meter yang pada dasarnya cukup untuk sebuah rumah tinggal atau rumah usaha berbahan konstruksi bambu. Struktur ini tingkat kerumitannya tidak terlalu tinggi mengingat agar desain dapat diaplikasikan dengan mudah oleh tukang yang biasa membuat bangunan bambu seperti gazebo dan sebagainya. Tujuan dari modelling ini adalah untuk membuat prototype bangunan semi permanen yang lebih tahan terhadap kelembaban dan mudah dibangun. Tujuan lainnya adalah membuat prototype untuk bangunan bambu bagi pengungsi bencana alam.





Kontributor desain:
Probo Hindarto
A. Farid Nazaruddin


persiapan pembuatan modelling dengan buku panduan dan obrolan tentang bambu. 

Bambu merupakan bahan material masa depan yang mudah didapat dan kuat. Bambu yang tidak diawetkan dapat bertahan antara 1-5 tahun, sedangkan bambu yang diawetkan dapat bertahan hingga 15 tahun. Kami yakin bahwa dimasa mendatang akan lebih banyak orang yang menjual material bambu yang diawetkan seiring dengan material kayu dan besi yang makin mahal. 

Jenis portal struktural yang dipilih merupakan atap jenis panggang pe dari arsitektur rumah Jawa yang paling sederhana



Perkiraan struktur bila sudah dibangun di sebuah lahan.




Struktur ini bisa ditambahkan dinding penyekat seperti dinding dari papan kayu atau GRC board agar tercipta ruang untuk hidup didalamnya. 

dibagian bawah struktur terdapat umpak yang mendukung struktur bambu diatasnya untuk lantai. Bangunan rumah panggung terbukti paling tahan terhadap bahaya banjir dan juga memiliki tingkat keawetan bangunan yang lebih tinggi karena tidak lembab. 

Dengan modelling struktur bambu ini, kami bersedia untuk mengirimkan gambar kerja sederhana bagi mereka yang membutuhkan secara cuma-cuma untuk proyek amal atau rekonstruksi pasca bencana. Silahkan hubungi email astudioarchitect.com@gmail.com atau 08125244753 (sms).

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...