Kamis, 03 Mei 2012

[konsultasi gratis] rumah mungil dengan semi garasi





astudioarchitect.com Bapak Yusuf M. Pujiono memiliki rumah yang masih standard dengan ukuran lahan 5x12m. Lokasi di Cikarang. Rencana akan dibangun dari awal, dengan model sederhana. Adapun ruang-ruang yang dibutuhkan: 2 kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, dan tempat cuci pakaian, ruang keluarga,ruang tamu, garasi, tempat jemur pakaian di bagian belakang. Dibutuhkan pencahayaan dan penghawaan yang baik agar siang hari semua ruangan dapat penerangan dari matahari (untuk menghemat listrik).




Desain rumah ini dibuat dengan memaksimalkan ruang yang ada, meskipun pada kenyataannya lahan teramat mungil untuk dapat menampung semua ruang yang ada dalam satu lantai, maka disarankan untuk membuat tempat jemur di atas dengan tangga monyet yang tidak membutuhkan banyak tempat. Taman dalam harus dibiarkan terbuka setidaknya dengan bantuan atap polikarbonat dan kasa nyamuk untuk menjadikan ruangan tetap sejuk dan terang. Ruang keluarga dan dapur dibuat menyatu karena keterbatasan dan karenanya dapur merupakan dapur kecil yang bisa dibuat dengan sekat ataupun tanpa sekat, serta merupakan dapur yang harus tetap bersih.


Dari segi tampilan bangunan, merupakan bangunan rumah sederhana dengan pagar yang berfungsi ganda sebagai tiang untuk garasi, yang sebenarnya kategorinya adalah carport semi garasi. Ruang tamu merupakan teras terbuka dengan dinding masif di bagian depan, tujuannya tidak lain agar menghemat tempat. Teras ini pun dapat ditutup dengan kaca penuh tempered, atau kaca penuh dengan frame alumunium.

Demikian, semoga membantu.

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...