Hello !

Senin, 25 Juni 2012

Berbagai jenis handle pintu dengan dan tanpa pengunci


astudioarchitect.com Handle atau pegangan pintu memiliki bermacam-macam jenis, kadangkala sesuai untuk satu pintu namun belum tentu sesuai untuk pintu lainnya. Terdapat handle pintu yang berdiri sendiri dan kadang langsung dengan pengunci pintunya. Berikut ini berbagai jenis handle pintu untuk berbagai kebutuhan.






Handle pintu premium
Merupakan jenis handle pintu yang eksklusif dan sesuai untuk pintu-pintu utama seperti pintu kupu tarung (double), pintu kamar utama, dan sebagainya. Jenis handle seperti ini harganya bisa jadi sedikit mahal hingga jutaan rupiah. 

Jenis handle pintu premium yang biasa dipakai untuk pintu utama seperti diatas memang memiliki estetika yang tinggi dengan tingkat kehalusan bahan dan aksesoris yang dibuat dengan presisi. Sesuai untuk pintu kayu maupun kaca. Jenis seperti ini biasanya dibuat dari bahan stainless steel kualitas tinggi. 

Jenis handle pintu premium ini tanpa kunci sehingga memerlukan jenis pengunci yang khusus dan terpasang terpisah dengan penguncinya. 

Jenis Handle Pintu tanpa Kunci
Jenis handle pintu seperti dibawah ini merupakan handle tanpa kunci yang dari sisi harga dibawah handle premium seperti diatas. Jenis-jenis handle ini juga bermacam-macam bentuknya dapat disesuaikan dengan tema desain rumah. 

Jenis handle yang dikelompok sebelah kiri lumayan sesuai untuk tema rumah yang sederhana (banyak yang mengatakan gaya 'minimalis'), dan yang kanan lebih tepat untuk rumah bergaya klasik atau Mediterania. Biasanya dibuat dari bahan stainless steel yang agak rendah mutunya (namun memang agak susah berkarat), atau dengan finishing chrome. 

Jenis handle untuk rumah-rumah gaya klasik dan etnik, yang ditunjukkan juga dengan materialnya yang cenderung rustic (seperti berkarat). 


Jenis Handle Pintu dengan Kunci
Jenis handle pintu dengan kunci biasanya merupakan satu paket yang dapat langsung dipasang, kadang-kadang merupakan dua bagian terpisah dengan material yang sama. 


Jenis handle pintu dengan gaya rustic seperti foto ini sesuai untuk rumah bergaya klasik dan etnik, dengan kata lain karena banyak ornamennya maka sesuai untuk rumah-rumah dengan ornamen hiasan yang banyak. 



Jenis handle pintu berpasangan dengan kuncian seperti ini sesuai untuk rumah-rumah bergaya modern (atau minimalis) untuk grup yang di atas, sedangkan grup bawah bisa juga untuk handle pintu kecil rumah yang berhias (klasik atau etnik) misalnya untuk handle pintu kamar tidur anak. 

Handle pintu konvensional seperti dalam foto ini biasa kita jumpai di rumah-rumah kebanyakan dan juga di perumahan karena kemudahan pemasangan dan harga yang murah. Untuk kualitas hanya dibedakan dari jenis bahan dan juga detail dalam pasangan kuncian. Ada pula dari sisi kerumitan pengunci apakah mudah dikorek pencuri atau agak susah. Dari segi bahan, ada yang dibuat dari stainless dengan berbagai kualitas (yang menentukan apakah mudah berkarat atau tidak) dan ada juga yang dilapis chrome (artinya bukan benar-benar stainless steel). 


Saat memilih handle pintu, usahakan untuk mengerti kebutuhan Anda, dan konsultasikan cara pemasangannya pada ahli bangunan Anda (arsitek, kontraktor atau tukang) sebelum memasangnya, agar sesuai dengan tipe pintu yang akan dipasang. Perhatikan juga tentang tingkat keamanan menggunakan handle pintu yang berkualitas akan lebih baik daripada yang kurang berkualitas. 


____________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Rekomendasi artikel lain yang mungkin menarik untuk Anda: http://astudioimages.googlepages.com/probo-hindarto-astudio.jpg
Related Posts with Thumbnails