JOIN US

Lowongan Kerja. Dibutuhkan asisten Arsitek. Pria. Domisili di Malang. Menguasai Sketchup tingkat lanjut dan dasar desain yang baik. Familiar dengan AutoCAD. Bisa bekerja serius dan fun, baik sendiri maupun dalam tim, komitmen, disiplin, bertanggung jawab, dapat bekerja dibawah tekanan. Silahkan kirimkan CV ke astudioarchitect.com@gmail.com

Kamis, 25 Februari 2016

Andra Matin bicara tentang konsep dan portofolio desainnya


Andra Matin menjelaskan konsep rancangannya
astudioarchitect.com Berguru pada Andra Matin yang bicara tentang konsep dan portofolio desainnya. Dalam video ini Andra Matin menunjukkan slideshow yang terdapat banyak karya yang dipresentasikan. Sembari ngobrol bagaimana arsitek bisa merasa enjoy menjalani profesinya sebagai arsitek. Kenyataan antara buku arsitektur dan aslinya seringkali berbeda. Diskusi dipimpin oleh Galih Widjil Pangarsa (alm).



Selengkapnya, dalam video berikut:

...

Andra Matin mempresentasikan juga karya rumah tinggalnya yang saat itu masih konsep dan masih dibangun. Rumah dirancang sebagai tempat dimana bisa memaknai alam dengan penuh, featurenya seringkali kurang umum dan subyektif, menunjukkan karakter arsiteknya yang kuat. Tentang ramp yang tanpa railing Andra Matin mengatakan bahwa 'jatuh itu sakit' merupakan konsekuensi dari desain yang diyakininya. Garis bawahnya adalah konsekuensi desain. Memandang bahwa manusia bisa beradaptasi.



Andra Matin suka dengan layering concept, semacam konsep arsitektur dalam lapisan-lapisan yang dialami oleh pengamat. 'Arsitektur dinikmati dan ada "bekasnya" dalam ingatan pengamat'.

Berkolaborasi dengan arsitek lain merupakan hal yang menyenangkan, dengan pengalaman yang cukup banyak berkolaborasi dengan Adi Purnomo, Antonio Liu, Marco Kusumawijaya, dan sebagainya. Penting untuk mengerti cara berkolaborasi sambil mengerti cara memunculkan karakter desain yang ingin dikolaborasikan.

Arsitek jangan meniru arsitek yang senior tapi sebisa mungkin memiliki karakter yang dikembangkannya sendiri.

Kita boleh bermain dengan konsep dan struktur, tapi sangat penting untuk mengerti tektonika dan konsekuensi strukturalnya. "Untuk desain saya mungkin tidak ada yang pakai granit, atau material yang mahal-mahal, tapi hampir semua strukturnya mahal". Arsitek sebaiknya membuat desain dengan pengetahuan struktural yang mumpuni.


___
by

Arsitek Probo Hindarto
081 252 447 53
© Copyright 2015 astudio Indonesia.
All rights reserved.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...