Rabu, 03 Desember 2008

Dinding 'garukan' yang manis untuk rumah ber-gaya 'minimalis'

Dinding ini dibuat dari campuran semen yang 'digaruk' alias dibentuk teksturnya dengan menggunakan alat yang mirip dengan sisir. Tukang yang terlatih bisa membuat dinding semacam ini dengan presisi. Dinding semacam ini biasanya sangat bagus untuk rumah bergaya minimalis. Selain harga pembuatannya lebih murah daripada menggunakan batu alam, kesan uniknya juga tak kalah menarik.

Gaya minimalis yang biasa menggunakan batu alam untuk dinding, memang sedang tren, karena batu alam juga terlihat cantik dan sangat 'Indonesia'. Namun kesan batu yang unik tersebut kadang harus dibayar dengan harga batuan yang cukup tinggi. Sebagai alternatif, dinding 'garukan' semacam ini juga disukai.


Arsitek: Pak Sony (Araya)

Kesan presisi dari dinding semacam ini hadir karena keteraturan garis-garis teksturnya yang sangat sesuai dengan presisi bangunan-bangunan yang sedang tren saat ini. Bila Anda tertarik, bisa menggunakan semen mortar campuran khusus untuk dinding yang tidak usah diaci, sehingga tampilan terlihat lebih bagus. Cara lain juga menggunakan cetakan-cetakan yang dibuat sebelumnya (biasanya di pembuat benda-benda dari beton precast yang juga memproduksi pot beton, ornamen rumah dari beton, dan sebagainya). Cara yang terakhir ini tergolong kurang disukai karena bila cetakan tidak presisi, hasilnya kurang menarik.

Terlihat bagus bukan?


________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

6 komentar:

  1. Wah. Oke banget ya keliatannya
    bisa buat ide moles pagar depan rumah saya. Gak harus pake batu yah

    BalasHapus
  2. wah konsep nya bagus bgt. tp apakah tukang2 sekarang sudah bisa ntuk buat garisan2 yang simetris begitu...

    BalasHapus
  3. bop...woii ehhh sekarang udah ada yang dari GRC bop... jadi lebih mulus lagi.... trus tinggal pasang..paku ke dinding sambungannya pake compound GRC beres deh model sama ukurannya.. juga banyak bop... nice website keep going bro...

    BalasHapus
  4. @Bagus,
    Iya pak. Bisa lebih murah dari pake batu.

    @Eko,
    Tukang yang pengalaman bisa bikin yang cukup presisi. Di contoh diatas, itu pake tukang pak.

    @Ichal,
    Alo bro. Yup. Ada jg dari GRC. Thanx. Sering2 kesini ya.

    BalasHapus
  5. bagus banget Om.. Cuma cara dan teknik pembuatannya gmn? lbh hemat lg kalau bisa ngerjain sendiri

    BalasHapus
  6. seperti apakah bentuk garukan tersebut ?

    BalasHapus

Silahkan isi komentar Anda.
Sekarang, Anda juga bisa komentar melalui account facebook Anda (di boks komentar atas)

SILAHKAN CHATTING DENGAN ASISTEN:

Maaf asisten masih dalam tahap pengembangan. Jadi tidak semua pertanyaan bisa dijawab.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...