Hello !

Senin, 26 Januari 2009

Konstruksi Taman Diatas Atap untuk Rumah Tinggal

Taman diatas atap, yang sudah banyak diterapkan di Indonesia, adalah taman yang berada diatas bangunan. Hal ini berarti, taman diletakkan pada bagian atas bangunan seperti diatas dak beton. Bila biasanya atap bentuknya miring dengan genteng untuk mengalirkan hujan, bisa pula dibuat datar dengan memanfaatkan dak beton sebagai wadah untuk tanah sebagai media tumbuhan.

Kondisi kota yang sempit dan padat memaksa kita sering memikirkan cara-cara baru untuk menikmati alam. Tak heran, sejak pagi hingga sore, kita disibukkan oleh berbagai aktivitas di kota, dan jarang kita bisa menikmati taman, terutama taman dalam rumah. Apalagi, bila hidup di daerah yang padat penduduknya, lahan untuk taman sudah sangat kurang. Alternatif yang bisa dipikirkan adalah; membuat taman diatas atap.

Siapa yang tidak ingin menikmati hijaunya rerumputan di rumah sendiri? Meskipun itu tidak berada diatas tanah rumah kita, karena lahan sudah dipakai untuk ruang-ruang dan kebutuhan lainnya, maka taman diatas atap adalah alternatif yang sangat menarik.

Mungkin Anda sering mendapati taman diatas atap diterapkan diatas bangunan hotel, resort atau perkantoran yang sadar lingkungan. Taman diatas atap, selain indah dilihat dan memberi kesempatan penghuni rumah untuk merasakan hubungan dengan alam yang baik, juga memiliki berbagai manfaat dari memiliki taman.

Taman diatas atap dapat menyerap panas matahari yang jatuh diatas dak beton rumah kita. Taman ini juga menyerap gas beracun disekeliling rumah, menyaring udara kota yang berpolusi dan berdebu, serta menyerap sinar ultraviolet sebelum masuk atau memantul dalam rumah, sehingga rumah lebih sejuk.

Cara membuat taman diatas atap

Berikut ini disajikan cara membuat taman diatas atap yang sederhana dengan konstruksi dak beton yang sudah umum kita gunakan. Taman ini pada dasarnya adalah lapisan tanah, pasir dan kerikil yang diletakkan diatas dak beton.



Taman diatas atap ini dibuat diatas dak konvensional, yang sudah diberi lapisan waterproof. Lapisan waterproof digunakan agar air tidak merembes secara terus-menerus yang dapat mengakibatkan korosi tulangan besi dalam dak beton. Selain itu, dak yang digunakan harus memiliki kemiringan yang dapat mengalirkan air ke saluran pembuangan air dalam dak. Berikut ini lapisan demi lapisan dalam konstruksi taman diatas atap ini:

  1. Dak beton yang diberi lapisan waterproof
  2. Diatas dak beton, diberi lapisan selang-seling bata dan kerikil (batu-batu kecil)
  3. Diatas lapisan bata, adalah lapisan pasir
  4. Lapisan tanah sebagai medium tanaman, sekitar 20 cm.


Taman diatas atap, meskipun berbiaya lebih mahal, tapi juga memiliki manfaat yang 'mahal' pula, yaitu rasa senang memiliki taman yang hidup dan bermanfaat dalam rumah kita.

Cara lain memiliki taman diatas atap

Taman yang lebih sederhana, misalnya seperti taman kering, bisa dibuat dengan menaburkan atau melapisi dak beton dengan kerikil atau batu-batu kecil. Gunakan pot-pot tanaman yang Anda sukai untuk menambah kesan asri. Tanaman gantung dan tanaman rambat juga bisa digunakan sebagai taman diatas atap.

Letak taman diatas atap tidak terbatas pada area lantai rumah paling atas saja, namun juga bisa menggunakan balkon, dan sebaiknya direncanakan sejak awal pembangunan rumah. Bagaimana? Tertarik?

-----------

Catatan:
Untuk membuat taman diatas atap ini, konsultasikan lebih dulu konstruksi dak beton Anda pada arsitek dan kontraktor Anda, agar kuat mendapatkan beban taman atap dengan memperkuat konstruksi beton dari konstruksi konvensional.

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

Rekomendasi artikel lain yang mungkin menarik untuk Anda: http://astudioimages.googlepages.com/probo-hindarto-astudio.jpg
Related Posts with Thumbnails