JOIN US

Lowongan Kerja. Dibutuhkan asisten Arsitek. Pria. Domisili di Malang. Menguasai Sketchup tingkat lanjut dan dasar desain yang baik. Familiar dengan AutoCAD. Bisa bekerja serius dan fun, baik sendiri maupun dalam tim, komitmen, disiplin, bertanggung jawab, dapat bekerja dibawah tekanan. Silahkan kirimkan CV ke astudioarchitect.com@gmail.com

Rabu, 06 April 2011

9 Tips memaksimalkan desain rumah sehat

astudioarchitect.com Pada saat proses mendesain rumah yang efektif dari berbagai segi, kita perlu mempertimbangkan semua aspek kesehatan dan desain hunian. Bila semua aspek telah terpenuhi, besar kemungkinan dan harapan kita bahwa rumah yang kita bangun dapat mendukung kesehatan dan kehidupan kita.

1 Penggunaan lahan untuk ruang-ruang secara maksimal, dengan menempatkan ruang-ruang dalam rumah dengan tatanan kompak dan terpadu.

2 Pemberian bukaan yang lebar yang memungkinkan disekitar innercourt atau bukaan yang dapat diatur (misalnya dengan jendela-jendela) untuk menyediakan ventilasi dan mendukung 'ruang-ruang yang bernafas'.
3 Pemberian area hijau untuk innercourt untuk memaksimalkan pergantian udara dan memberikan hubungan dengan alam.




4 Pemberian penahan tampias hujan untuk innercourt dan bagian lain dari rumah serta pelindung panas matahari untuk teras dan bagian terbuka rumah.



5 Penggunaan ruang-ruang dengan plafon yang tinggi agar tercipta ruang-ruang yang lebih menyegarkan dan bersuhu dingin.
6 Penggunaan ventilasi berupa angin-angin untuk menciptakan aliran udara yang mengalir.



7 Penciptaan ruang luar disekitar bangunan yang memungkinkan seperti ruang disamping dan belakang bangunan (cara ini dapat tergantikan oleh adanya innercourt).

8 Penciptaan desain hunian yang menarik dan menawarkan keindahan komposisi geometris untuk menyiasati keterbatasan dimensi atau ukuran rumah, menciptakan desain yang unik.



9 Pada beberapa model rumah, diperkenalkan lebih jauh tentang kemungkinan untuk menempatkan taman gantung (hanging garden) atau taman diatas atap (roof garden) untuk memperluas rasio area hijau didalam rumah dan memperluas area untuk berhubungan dengan alam. Taman ini dapat memberikan sumbangan kepada penghijauan kota dengan mempertahankan lebih banyak rasio ruang hijau di area rumah, serta mempertahankan temperatur dingin pada ruang dibawah taman. Taman atap ini juga dapat menyaring debu-debu beterbangan dari udara sehingga mengurangi polusi udara.


________________________________________________
 by Probo Hindarto

© Copyright 2010 astudio Indonesia.
All rights reserved.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...