Hello !

Minggu, 03 Juni 2012

Contoh pintu geser untuk double pintu, pintu tunggal, dan pintu geser garasi


astudioarchitect.com Pintu rel, atau pintu geser adalah jenis pintu dengan cara membuka dengan cara menggeser, umumnya menggunakan rel di bagian atas atau di bagian atas dan bawah. Pintu geser banyak dipakai terutama bila ruang yang ada sempit dan kurang memungkinkan untuk menggunakan pintu swing (buka biasa dengan engsel samping). Pada contoh ini saya mengulas tentang contoh-contoh pintu geser dan cara kerjanya.






Pada contoh ini adalah rumah tinggal yang dibangun astudio, memakai pintu geser double untuk menuju area taman belakang. Pintu double ini menggunakan rel gantung dengan jenis pintu geser. 

Pintu double ini dibuka dengan cara menarik pada bagian handle yan menjorok kedalam, dimana kami menggunakan handle kedalam ini dengan tujuan sama yaitu menghemat tempat, dan sudah biasa digunakan untuk pintu geser. 

Mengunci pintu memiliki keunikan tersendiri. 

Untuk mengunci pintu, terdapat dua kali memutar kunci, karena jenis kunci dan kunciannya. Pada saat memutar kunci pertama, akan muncul batang besi.

Pada saat memutar kunci yang kedua, akan muncul bagian menonjol yang merupakan pengait kuncinya. 

Contoh pintu geser ini adalah pintu geser tunggal. 

Cara membukanya sama dengan jenis pintu diatas, dengan memegang handle tanam. 

Terlihat rel penggantung dibalik bilah papan penutup bagian atas, rel ini menggantung dan sekaligus berfungsi area gerak untuk daun pintunya. 

Pintu geser akan tampak rapi bila diperhatikan juga penutup bagian rel pintu agar tidak terlihat. 

Contoh ini adalah pintu geser garasi dengan rel di bagian atasnya. Rel pintu garasi ini haruslah jauh lebih kuat karena beban yang ditujukan pada rel ini juga sangat berat. Terdapat satu pintu di kanan yang bisa dibuka tutup biasa untuk orang lewat. 

Bagian handle pintu yang bisa dibuka tutup. 

Dilihat dari dalam ketika pintu geser garasi ditutup. Terlihat pada bagian bawah adalah jalusi atau ventilasi udara yang memungkinkan udara masuk dengan bebas. 

Bagian Rel yang menggantung pintu geser garasi hingga ke sisi tembok garasi. 

Terlihat detail rel dan pintu bagian bawah, dimana terdapat pengunci bawah pintu (gerendel) yang besar dan kuat. 

Bagian depan pintu garasi, terlihat rapi dan menyembunyikan semua detail didalamnya. 


________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Rekomendasi artikel lain yang mungkin menarik untuk Anda: http://astudioimages.googlepages.com/probo-hindarto-astudio.jpg
Related Posts with Thumbnails