JOIN US

Lowongan Kerja. Dibutuhkan asisten Arsitek. Pria. Domisili di Malang. Menguasai Sketchup tingkat lanjut dan dasar desain yang baik. Familiar dengan AutoCAD. Bisa bekerja serius dan fun, baik sendiri maupun dalam tim, komitmen, disiplin, bertanggung jawab, dapat bekerja dibawah tekanan. Silahkan kirimkan CV ke astudioarchitect.com@gmail.com

Kamis, 18 Februari 2016

Cara alternatif bikin dak beton / alternatif way of making concrete decking


astudioarchitect.com Rumah dengan lahan yang terbatas biasanya diperluas dengan cara meningkat rumah menjadi dua lantai atau lebih. Dalam hal ini diperlukan plat lantai atau dak beton sebagai dasar dari lantai 2 atau lantai atas tersebut. Untuk membuat plat dak beton sudah banyak dijelaskan di dalam website ini. Nah Untuk itu saya ingin menjelaskan tentang cara membuat pelat lantai dengan cara selain yang biasanya.

image: http://www.steelconstruction.info/

This article is for building method in Indonesia

Houses with limited land is usually extended by means of increasing the house into two floors or more. In this case the building requires slab or concrete as a base of the 2nd floor or the top floor. To make a plate of concrete there are already widely described within this website. But For now I would like to explain about how to create a slab in a different way than the usual.



Biasanya pekerjaan beton yang konvensional menggunakan cor beton dengan menggelar bekisting yang disangga kayu kaso, atau bambu. Cara-cara yang lain bisa menggunakan cara sebagai berikut.

Usually conventional concrete work uses concrete cast by creating support made of wooden rafters, or bamboo. Other ways are the following methods.



Menggunakan Scaffolding
Scaffolding adalah semacam frame dengan ukuran 120 sampai 180 cm, bracing, jack base, join pin, dan u head. Caranya adalah dengan menyetel frame tersebut untuk menyangga kayu papan yang berada di atasnya. Dengan cara ini berarti Scaffolding bisa digunakan berulang-ulang dan menghilangkan kebutuhan penggunaan bambu atau jenis kayu lainnya untuk menyangga cetakan pelat nantinya. Cara ini bisa digunakan berulang-ulang dan hemat bila dibandingkan dengan menggunakan bambu. Tapi tidak semua kontraktor bisa menyediakan cara ini karena tidak semua kontraktor memiliki peralatan Scaffolding tersebut. Namun dewasa ini Scaffolding juga bisa dan banyak ditemui disewakan.

using Scaffolding
Scaffolding is a kind of frame with a size of 120 to 180 cm, bracing, jack base, join pin, and u head. The trick is to set the frame to hold the wooden boards on top of it. This means Scaffolding can be used repeatedly and eliminates the need for the use of bamboo or other wood to support the mold plate later. This method can be used repeatedly and saves a lot of money when compared with the use of bamboo. But not all contractors can provide this way because not all contractors have the scaffolding equipment. But today Scaffolding can also be found for rent.

Scaffolding bangunan tiga lantai.
image by HEA Engineering Subject center.

Dak beton dengan menggunakan Plat Dek. 
Penggunaan plat dek sebenarnya menggantikan penggunaan kayu multiplex atau tripleks untuk cetakan Cor beton. Namun alat tersebut tidak akan dicopot sehingga sudah akan menyatu sebagai komposit dari beton tersebut. Pelat tersebut biasanya dibuat dari material zincalum dan tidak membutuhkan penyangga yang terlalu banyak karena konstruksi ini sendiri sudah bisa menyangga dirinya sendiri dengan baik. Apabila diinginkan nantinya bisa juga bagian pelat itu diekspos tanpa harus ditutupi karena memang sudah rapi meskipun memang ada garis-garis atau lengkungan yang terlihat dari bawah. Dalam beberapa kasus desain misalnya gaya industrial harus seperti ini justru menjadi daya tarik yang bagus secara estetika.

http://www.steel.com.au/products/coated-steel/deckform-steel
Pembuatan dak beton dengan jenis alat ini merupakan cara yang cepat dan lebih hemat volume beton serta lebih cepat pembuatannya karena tidak membutuhkan banyak besi Tulangan. Untuk bentangnya juga bisa cukup lebar mencapai 12 meter tanpa sambungan. Bedanya dengan cara konvensional menggunakan penyangga kayu dan multipleks untuk cetakan adalah cara ini lebih cepat Meskipun demikian lebih mahal dari segi biaya. Penghematan dilakukan dengan kecepatan namun dibarengi dengan harga material plat Dek yang lebih tinggi.

concrete deck plate.
Use of deck plate actually replace the use of wood for molding concrete. But the plate will not be removed so it will blend as a composite of the concrete. The plate is usually made of a zincalume material and does not require support. It is able to sustain itself well. If desired will also be nice to expose it without covering because it has a nice appearance visible from below. In some cases of design eg industrial style.

Manufacture of concrete with this kind of instrument is a quick and more efficient, also faster concrete because it does not need a lot of steel reinforcement. The width also as wide as 12 meters without a column. The difference with conventional way of using wood and multiplex to mold is that concrete deck plate is much faster however it is more expensive. Saving is done with speed, but a deck plate material price is higher.

Cor beton dengan plat lantai pabrikasi
Saat ini sudah dikenal banyak panel beton yang disebut sebagai panel pabrikasi untuk mempermudah pembuatan dak beton. Ini termasuk material prefab yang cukup mudah dirakit di lokasi.

http://www.dakbetonkeraton.com/
Diantara material beton pra cetak yang terkenal adalah jenis keramik komposit beton atau disebut Keraton. Materialnya mirip seperti keramik genteng atau bata dengan bagian berongga di tengahnya sebagai media untuk mengisi beton dan besi pengikat. Ukuran panel keraton di pasaran adalah 9,5 sampai 24 cm, lebar 21 cm, dan panjang 33 cm.

Material panel dari hebel juga termasuk dalam pelat lantai prefab ini. Material ini dibuat dari bahan pasir silika yang lebih ringan dari pada panel beton. Di pasaran panel hebel dijual hingga panjang 6 meter dan bisa disesuaikan dengan Bentang yang diinginkan.

Prefab concrete panels
Concrete panel or prefab panel is now preferable for concrete decking. Prefab panels can be fairly easy to assemble on site.

Among the famous prefab concrete panels is a type of concrete or ceramic composite called KERATON. It is similar material like ceramic tile or brick with hollows in the middle section as a medium for the filling of concrete and iron binding. Keraton panel sizes on the market is 9.5 to 24 cm, width 21 cm, and a length of 33 cm.

Material panel from Hebel is also classified as prefab floor panels. The material is made from silica sand, lighter than concrete panels. Hebel panels in the market for sale of up to 6 meters long and can be adjusted to the desired spans.
___
by

Arsitek Probo Hindarto
081 252 447 53
© Copyright 2015 astudio Indonesia.
All rights reserved.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...