Minggu, 17 Oktober 2010

Pertanyaan tentang desain rumah oleh Bapak Hilman

astudioarchitect.com Seorang sahabat astudio membuat desain dengan menggunakan software gratis di internet yang bisa dilihat pada tutorial astudio ini yaitu tutorial merancang rumah sendiri secara gratis. Bapak Hilman mengirimkan email sebagai berikut: dear mas probo hindarto,, mohon komentarnya ya, saya coba buat rencana tempat tinggal di tanah 12m x 10m,, tahap pertama saya buat bangunan sederhana (terlampir gambar). konsepnya rumah tumbuh,, rencana membangun lantai 2 di kemudian hari,, dengan semua kamar ada di atas,, bagaimana?

salam - Hilman




jawaban:

Dear Bapak Hilman, desain yang Bapak buat mirip seperti desain di perumahan,  merupakan desain yang cukup efektif karena cost pembangunannya relatif bisa menekan biaya konstruksi daripada rumah dengan desain yang lebih rumit. Desain yang Bapak buat cukup sederhana terlebih dengan memasukkan kamar mandi dalam rumah akan menekan biaya membuat konstruksi khusus untuk kamar mandi. Perletakan ruangan dalam desain ini cukup baik, hanya kamar mandi yang akan mendapat perhatian lebih. Secara umum desain ini bisa dikembangkan ke samping dan ke belakang seperti keinginan Bapak. 




Hal yang mungkin perlu diperhatikan adalah letak kamar mandi, karena bila rumah ini dikembangkan, maka letak kamar mandi akan menjadi ditengah rumah dan karena itu akan terlihat kurang baik dalam suasana rumah yang lebih besar. Saran saya adalah memindahkan kamar mandi ke belakang kamar tidur, sehingga nantinya bila dikembangkan kamar mandi tidak akan berada ditengah. Kemungkinan lain adalah dengan meletakkan kamar mandi disebelah ruang tamu (bila dilihat dari depan, maka disebelah kanan ruang tamu) di bagian depan, berikan jarak untuk gang atau jalan samping. Hal ini sekaligus memberi nilai keamanan lebih pada rumah Bapak karena seluruh tampak muka akan terbangun.

Demikian saran saya, bila Bapak membuat desain lanjutan bisa dikirimkan lagi pada saya.

Terimakasih. Salam.

Probo Hindarto
________________________________________________
 by Probo Hindarto
© Copyright 2010 astudio Indonesia. All rights reserved.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...