Hello !

Kamis, 21 Juni 2012

Macam-macam granit untuk kitchen set dan produk interior lainnya


astudioarchitect.com Saat membuat kitchen set, terdapat satu elemen yang sangat penting yaitu countertop atau bagian atas meja dapur tempat kita mengiris sayuran dan menyiapkan bahan makanan. Material yang biasa digunakan adalah material granit yang memiliki berbagai macam motif batu, dalam kesempatan ini saya mengulas tentang berbagai macam batu granit untuk meja dapur maupun meja lainnya. Seperti pada foto diatas, merupakan salah satu kitchen set yang dikerjakan astudio, memakai jenis granit putih dengan motif bercak hitam. Granit juga lazim dipakai untuk berbagai keperluan seperti dinding, lantai, dan sebagainya.




Foto diatas merupakan foto berbagai macam sampel material granit yang bisa diaplikasikan pada countertop dapur/ kitchen set. 

Motif merah ini kadang-kadang ada yang suka, sesuai untuk kitchen set dengan warna yang cenderung berani seperti warna merah pada kabinetnya. 

Warna hitam ini termasuk paling banyak dipakai, hal ini karena harganya relatif terjangkau dan motifnya tidak menyulitkan untuk pekerjaan kitchen set yang bersudut, misalnya kitchen set L atau U. 

Motif ini sesuai untuk kitchen set dengan kabinet coklat juga, atau putih. 

Granit ini juga cukup bagus digunakan terutama untuk kitchen set dengan warna yang lembut seperti putih atau krem. 

Granit jenis ini memiliki corak yang sangat berani, sangat sesuai untuk desain kitchen set yang bermotif, misalnya kitchen set bergaya klasik karena kesannya seperti marmer. 

Demikian juga dengan granit jenis diatas ini, juga pas untuk desain yang klasik. 

Granit ini motifnya lebih kecil-kecil dan tetap dengan warna merah, sesuai untuk desain kabinet kitchen set yang klasik namun sederhana. 

Jenis granit bergaris-garis ini agak jarang digunakan terutama karena kurang sesuai untuk kitchen set L atau U, hal ini karena bila untuk sudut, maka garis-garisnya akan terputus di pojokan. Jenis granit bercorak garis ini sesuai untuk countertop dapur yang memanjang saja. 

Granit dengan motif ini juga bagus, untuk pojokan sebaiknya sedikit disamarkan dengan permainan kayu rak atau semacamnya agar menyamarkan tempat memotong granit tersebut. 

Granit jenis ini coklat cenderung hitam pekat dengan sedikit nuansa merah. Masih sesuai untuk kitchen set dengan kabinet finishing kayu. 

Granit ini cenderung doff atau tidak mengkilat, namun permukaannya tetap halus, sesuai bagi Anda yang menyukai kebersihan, namun mungkin kurang tahan noda, jadi bisa digunakan untuk bagian atas meja yang bukan untuk mengiris atau memasak. 

Jenis ini mirip marmer dan glossy. Sesuai untuk kitchen set dengan tema klasik maupun modern. 

Granit ini memiliki pecahan-pecahan yang seakan-akan retak, bila Anda menyukainya. 

Jenis granit ini juga cukup banyak digunakan karena mudah untuk menyambung agar tidak terlalu terlihat letak sambungannya. 

Granit jenis ini berwarna coklat kemerahan sepertinya cocok untuk kitchen cabinet dengan warna yang relatif sama. 


Jenis ini merupakan granit yang kasar, mungkin kurang cocok untuk countertop kitchen set, namun sesuai bagi Anda yang menyukai menggunakan, misalnya untuk bagian atas meja. 

Jenis granit yang putih ini juga banyak dipakai karena murahnya, sering disebut 'granit Cina' karena biasanya diimpor dari Cina dan harganya murah. 

Granit ini coraknya cukup kuat dengan garis-garis yang agak menyerong. Saya belum pernah merekomendasikan jenis ini karena agak susah terlihat rapi. 

Granit ini terlihat bersih dan sesuai untuk kabinet dengan finishing warna putih atau warna kalem lainnya. 

Granit yang berwarna hitam ini memiliki corak yang 

Granit ini memiliki motif menyerong dengan warna putih yang lembut, tidak masalah untuk mengunakannya pada desain kabinet yang berwarna antara putih, abu-abu dan hitam, bahkan coklat juga masih sesuai. 

Jenis granit ini terlihat berani dengan motif yang agak kacau. Jenis ini sesuai untuk desain kitchen set memanjang namun untuk bagian potongan harus disamarkan dengan permainan kayu atau rak-rak. 

Sejenis 'granit Cina' yang murah dengan motif besar-besar, sering dipakai dan merupakan jenis granit yang lumayan sesuai untuk gaya desain apa saja. 

Granit yang cederung merah ini memiliki lebih banyak butiran merahnya. 

Granit ini memiliki permukaan yang transparan dan terdapat warna perak, terlihat berkelas dan patahannya seperti logam. 

Granit ini terlihat menarik dengan motifnya yang tidak beraturan, sesuai untuk desain kabinet bergaya klasik dengan ukiran dan sebagainya. 

Granit hitam ini elegan untuk desain yang simple dan minimalis. Tidak mudah terlihat kotor. 

Permukaan granit ini memiliki pori-pori sehingga kurang sesuai untuk countertop kitchen set, namun cukup sesuai misalnya untuk permukaan meja. Dapat terlihat kotor karena menyimpan debu pada lubang-lubang porinya. 

Granit dengan garis-garis ini sesuai untuk desain dengan gaya sederhana atau minimalis, dipadukan dengan unsur logam dan warna putih akan sangat sesuai. Direkomendasikan untuk kitchen set yang memanjang saja tanpa tekukan. 


________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Rekomendasi artikel lain yang mungkin menarik untuk Anda: http://astudioimages.googlepages.com/probo-hindarto-astudio.jpg
Related Posts with Thumbnails