Hello !

Rabu, 18 Juli 2012

Peralatan kamar mandi: bathtub dan shower


astudioarchitect.com Bagi yang lebih memilih cara modern untuk mandi dan merawat tubuh di kamar mandi, selain menggunakan bak mandi dan gayung, kita mengenal bathtub dan shower. Terdapat berbagai macam bathtub dan shower yang kita kenal selama ini. Untuk memilih bathtub dan shower, kita perlu memperhatikan bentuk penampilan dari peralatan kamar mandi tersebut, kemudian ukuran dimensinya agar sesuai dengan ukuran kamar mandi dan ruang yang tersedia, serta tingkat kepraktisannya. Standar dimensi bathtub biasanya lebarnya 70cm dan panjangnya bervariasi dibawah 1,7meter. Kedalaman dari bathtub juga bervariasi antara 50-60cm.




Beberapa jenis alternatif dari bentuk bathtub antara lain:
Bathtub pojok
(corner bathtub), merupakan bathtub yang dipasang di bagian pojok kamar mandi.


foto bathtub pojok, oleh Aaron TD

Bathtub standar,
bentuknya standar baik dengan penyemprot air samping ataupun tidak




Bathtub yang berdiri sendiri standar, foto oleh ooh_food

Bathtub tanam, 
bisa dipasang dengan cara ditanam ataupun diangkat dengan pasangan bata.


Foto oleh andrechinn

foto oleh juhansonin

Kadangkala, bathtub juga difungsikan sebagai bak penampung untuk mandi dengan shower, terutama bila ukuran kamar mandi kurang memungkinkan untuk area shower terpisah. 

Shower Box
Shower box merupakan kotak kaca atau akrilik yang digunakan untuk menahan cipratan air saat mandi dengan shower. Adapun bentuk shower box atau kotak shower saat ini juga bermacam-macam, dengan harga bervariasi pula. Shower bisa dibuat sendiri dari kaca ataupun dibeli jadi dari toko untuk dipasang langsung. Shower box yang dibuat sendiri dari kaca biasanya harus dibuat dari kaca tempered (yang diperkeras dan diperkuat) dengan ukuran yang disesuaikan dengan kenyamanan. Shower yang bisa dibeli langsung untuk dipasang biasanya berdimensi 1x1 meter persegi, namun ada juga yang lebih kecil atau lebih besar.


foto oleh NancyHugoCKD.com

Peralatan kamar mandi (bathroom fixtures) ini merupakan peralatan yang sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan ruang yang tersedia. Anak-anak dan orang tua mungkin memerlukan bathtub yang lebih rendah dan memiliki pegangan untuk membantu keluar dari bathtub.  ________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Rekomendasi artikel lain yang mungkin menarik untuk Anda: http://astudioimages.googlepages.com/probo-hindarto-astudio.jpg
Related Posts with Thumbnails