Hello !

Jumat, 13 Juli 2012

Berbagai jenis lampu dengan tipe-tipenya



astudioarchitect.com Terdapat berbagai jenis lampu dengan tipe-tipenya, saat kita berada di toko lampu, kadangkala dengan banyaknya pilihan lampu akan menyulitkan untuk memilih. Sebelum membeli, sebaiknya kita mengetahui jenis-jenis lampu dan menentukan terlebih dahulu kira-kira lampu seperti apa yang sesuai untuk sebuah ruangan di rumah atau tempat usaha kita. Berikut ini berbagai jenis lampu dalam gambar, disini diperlihatkan tipikal lampunya, sedangkan di toko lampu akan lebih beragam lagi bentuknya.

Photo Some rights reserved by favaro JR.





Terdapat berbagai ragam jenis lampu yang beredar di pasaran saat ini dan karena itu sangat penting untuk memilih tipe yang terbaik untuk tiap kebutuhan. Bila mungkin, sebelum mengunjungi showroom atau toko lampu, kita sebaiknya mengerti jenis-jenisnya dulu dalam artikel ini dan juga untuk mendapatkan ide apakah Anda memerlukan lampu tempel, gantung, meja dan sebagainya.

Lampu tempel plafon
Jenis lampu ini menempel di plafon dan sangat sesuai untuk pencahayaan yang umum untuk menerangi seluruh ruangan, namun kesannya agak 'membosankan'.








Lampu gantung
Jenis lampu ini cukup populer sebagai lampu hias misalnya di ruang tamu atau ruang keluarga. Terdapat banyak pilihan lampu yang memungkinkan kita mendapatkan aksesori lampu yang sesuai dengan tema ruangan. Dewasa ini juga beredar jenis lampu gantung yang khusus sesuai untuk gaya interior klasik, modern, atau etnik.








Lampu tempel dinding
Jenis lampu ini ditempelkan di dinding dan fungsinya sebagai penerangan setempat disekitar dinding, misalnya dilorong, di area carport, dan juga sebagai lampu-lampu yang ditata untuk memberikan penunjuk arah. Jenis lampu tempel dinding sangat umum dijumpai di lobi hotel atau apartemen sebagai penunjuk arah.










Lampu lantai
Lampu lantai ini memberikan berbagai jenis pencahayaan baik itu pencahayaan umum,setempat ataupun sorot sesuai dengan bentuk dan pembayangannya. Lampu seperti ini biasa digunakan untuk area ruang duduk disekitar kursi dan meja santai. 




Lampu meja
Sesuai dengan namanya biasanya jenis lampu ini diletakkan di meja, baik itu meja kerja, meja belajar, meja makan, meja santai, nakas (lemari kecil di kanan kiri tempat tidur), dan sebagainya. Biasanya jenis lampu ini bisa diatur sesuai kebutuhan cahaya untuk membaca ataupun saat tidur. 






Fitting lampu
Lampu sorot
Jenis lampu ini biasa digunakan untuk memperkuat suatu area yang butuh untuk disinari dengan lampu aksen. Salah satu yang paling sederhana adalah lampu sorot dengan reflektor. Saat ini jenis lampu sorot sudah berkembang dengan adanya lampu halogen dan LED. Lampu-lampu ini bisa dipasang di plafon, dinding, atau rel untuk menerangi suatu area, misalnya karya seni. 









Lampu downlight
Lampu ini sekarang sudah lazim dipakai untuk desain rumah tinggal, dengan efeknya yang temaram dan membuat rumah terasa lebih nyaman. Jenis fitting lampu ini menyinarkan satu area cahaya dibawahnya yang terasa hangat. Banyak juga dipakai di kamar hotel dan galeri. Jenis fitting ini biasanya dipasang dalam plafon gypsum karena sesuai dengan kemudahan pemasangannya. 







Some rights reserved by favaro JR.



________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Rekomendasi artikel lain yang mungkin menarik untuk Anda: http://astudioimages.googlepages.com/probo-hindarto-astudio.jpg
Related Posts with Thumbnails